Curug Lontar, Air Terjun Eksotis yang Jarang Dijamah Manusia

Curug Lontar, Air Terjun Eksotis yang Jarang Dijamah Manusia by  @pepep_kusumah
Foto by @pepep_kusumah

Bukan menjadi rahasia umum lagi, jika Indonesia mempunyai banyak sekali wisata eksotis nan memanjakan mata. Namun sayangnya, beberapa objek wisata tersebut belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah sehingga terkesan terbengkalai. Salah satunya yaitu Curug Lontar yang terletak di Desa karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Sebagai pembangkit listrik tenaga air,

Curug Lontar, Air Terjun Eksotis yang Jarang Dijamah Manusia by @guntarajourney
Foto by @guntarajourney

Curug cantik yang menjadi sumber pembangkit listrik ini merupakan bagian dari sungai Cianten. Yaitu sunga yang berasal dari kawasan Pegunungan Halimun-Salak. Debit air yang mengalir dari ketinggian 30 meter bisa dikatakan cukup deras, sehingga tidak heran apabila ia mampu menghasilkan listrik.Di Curug Lontar wisatawan tidak hany bisa mengagumi eksotisme air deras yang mengalir dari ketinggian saja, akan tetapi suasana yang tergambar di sekitar air terjun juga tidak kalah indah.

Paronama keindahan air terjun Lontar,

Curug Lontar, Air Terjun Eksotis yang Jarang Dijamah Manusia by @aldi.bahtiar.riano
Foto by @aldi.bahtiar.riano

Panorama tersebut berupa tanaman yang menjalar pada bebatuan di sekitar air terjun, jajaran pepohonan yang rimbun, dan juga hijaunya kolam alami yang berfungsi sebagai tampungan air. Sayangnya, wisaawan yang datang berkunjung tidak direkomendasikan untuk berendam ataupun berenang di kolam airnya. Hal ini dikarenakan kolam seluas 7.000 m2 tersebut kedalamannya mencapai 26 meter lebih. Suasana di sekitar air terjun yang masih asri dan terlihat rindang mampu membuat pengunjung melepaskan kepenatan sesudah berjibaku dengan sederet aktivitas sehari-hari. Namun kembali lagi, hanya segelintir orang saja yang bisa mengeksplorasi keindahnnya, sebab keterbatasan informasi mengenai objek wisata ini.

Lokasi curug lontar yang belum banyak diketahui,

Curug Lontar, Air Terjun Eksotis yang Jarang Dijamah Manusia by @ngayabray
Foto by @ngayabray

Tidak hanya itu saja, masih banyak sekali orang yang tidak mengatahui lokasi air terjun ini sehingga sulit untuk menemukannya. Ditambah lagi medan jalan menuju lokasi air terjun yang masih berupa tanah dan mempunyai kemiringan yang bisa membuat kendaraan tergelincir ketika musim penghujan. Bagi anda yang tertarik untuk melihat sendiri bagaimana eksotisme alam di Curug Lonta, maka anda bisa menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Jika membawa kendaraan pribadi, silahkan mulai perjalanan dari Kota Bogor – Leuwiliang- Jembatan Sungai Cianten- PLTA Kracak. Silahkan tanya kepada masyarakat sekitar mengenai lokasi dari Curug Lontar.

Curug Lontar, Air Terjun Eksotis yang Jarang Dijamah Manusia by @asstry06_
Foto by @asstry06_

Sementara itu, jika anda memakai transportasi umum, silahkan naik kereta menuju ke Stasiun Bogor. Selanjutnya naik angkot 03 atau 02 menuju Bubulak. Di Bubulak, anda harus melanjutkan perjalanan mengendarai angkot 05 dengan jurusan Jasinga-Leuwiliang. Silahkan turun di pertigaan Kracak, lalu naik angkot 57 dengan jurusan Kracak-Puraseda. Anda bisa bertanya kepada supir angkot lokasi pasti Curug Lonta. (@manggon_asyik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *