Curug Sawer, Keindahan Menawan di Balik Suasananya yang Mistis

Foto Curug Sawer by @aidha_pj
Foto by @aidha_pj

Akhir pekan adalah waktu terbaik untuk menyegarkan kembali otak, yang sudah cukup lelah menghadapi pekerjaan di kantor. Oleh sebab itu, mengunjungi wisata alam merupakan pilihan yang sangat tepat. Ketika anda mampir ke Sukabumi, silahkan berkunjung ke Curug Sawer. Air terjun ini mempunyai keindahan alam yang eksotis, namun terbalut dengan cerita mistis yang cukup kental. Curug Sawer terletak di kawasan Kadudampit.

Jalan menuju curug yang indah tapi mistis,

Foto keindahan curug di Sukabumi by @prabowo_soni
Curug Sawer by @prabowo_soni

Apabila berangkat dari Kota Jakarta menuju Sukabumi, maka anda akan menemui pertigaan jalan yang terdapat papan nama bertuliskan Situ Gunung. Dari situ silahkan lurus saja, melalui Kadudampit, tepat sebelum masuk Situ Gunung, anda akan menemui papan nama Objek Wisata Cinumpang, yang ada di sebelah kanan jalan.Ini merupakan jalur pertama yang dapat anda lewati untuk menuju lokasi Curug. Jalur ini mudah sekali untuk ditelusuri, hanya saja anda harus berjalan kaki selama 1 jam. Jika anda tidak ingin jalan kaki, silahkan sewa jasa ojek untuk tiba di curug. Curug sawer memiliki ketinggian mencapai 25 meter, dengan air yang deras dan menawan.

Panorama alam yang tersaji terlihat eksotis, dengan hiasan cantik berupa bebatuan besar di sepanjang sungai. Selain memiliki panorama alam yang eksotis, namun suasana yang ada di sekitar Curug Sawer terasa begitu mistis. Entah itu hanya mitos belaka, ataupun merupakan fakta. Namun, banyak orang yang pernah datang berkunjung merasakan demikian. Curug ini berada di area Taman Nasional Gede Pangrango. Menurut penuturan beberapa orang yang ada di sekitar curug, pada zaman dahulu kawasan curug ini biasa dijadikan tempat mengadakan ritual berbau mistis.

Baca Juga : Pantai Banyu Anjlok Malang, Menawarkan 3 Objek Sekaligus

Asal pemberian nama curug sawer,

Pemberian nama curug ini berkaitan dengan sebuah desa di Gunung Gede, yang mana desa tersebut populer dengan tradisi saweran saat acara tari jaipong. Maka dari itu, dinamakan Curug Sawer.Para wisatawan yang datang berkunjung, sangat tidak disarankan untuk mencoba berenang di aliran air curug. Hal ini dikarenakan aliran airnya sangat deras dan kedalamannya hingga 10 meter.

Foto by @oktamabagaskara
Foto by @oktamabagaskara

Jika anda ingin mencoba menikmati segar dan dinginnya air Curug, silahkan coba di aliran sungainya saja. Panorama alam sekitar yang menghijau, menambah sejuknya udara di sekitar Curug. Benar-benar cocok untuk menyegarkan otak dan tubuh. (@manggon_asyik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *