Rujak Bebeg, Kuliner Khas Nusantara yang Unik dan Super Lezat

Kuliner khas Indonesia sudah terbukti banyak menarik minat wisatawan mancanegara dari berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah rendang, kuliner menggoyang lidang yang menjadi makanan paling lezat di dunia menurut survey CNN. Selain itu, rujak saat ini menjadi jajanan yang semakin diburu. Apalagi Rujak Bebeg yang satu ini.

Rujak Bebeg, Kuliner Khas Nusantara yang Unik dan Super Lezat @foodirectory
Foto by @foodirectory

Jenis-jenis rujak bebeg

Di Indonesia ada berbagai jenis rucak. Ada yang memakai lontong, buah segar, dan adapula yang memakai kikil. Proses pembuatan rujak juga ada banyak sekali, misalnya saja rujak bebeg. Sesuai namanya, kuliner ini dibuat bukan diulek akan tetapi ditumbuk memakai alu kecil atau lesung. Biasa disebut dengan dibebek.

Rujak ini dibuat dari beberapa buah segar seperti jambu, mangga , pepaya muda, mentimun, bengkoang, nanas muda, dan kedondong. Ada beberapa penjual yang ikut menambahkan mengkudu atau pisang batu ke dalam racikan rujaknya.

Proses pembuatan rujak,

Semua bahan yang sudah dikumpulkan itu nantinya akan ditumbuk bersama bumbu di dalam alu.  Agar mudah hancur, sebelumnya buah-buahan tersebut sudah di kupas kulitnya kemudian dipotong kecil-kecil. Bumbu dari rujak bebeg ini juga tergolong lengkap. Mulai dari garam, cabai rawit, gula merah, air asam, dan terasi. Bagi anda para pecinta pedas, silahkan request sendiri berapa banyak jumlah cabai yang anda inginkan. Tekstur buah yang halus, pasti membuat rasanya lebih maknyus.

Rujak Bebeg, Kuliner Khas Nusantara yang Unik dan Super Lezat @mochiql
Foto by @mochiql

Jajanan pedas bercitarasa lezat ini sebenarnya mudah sekali untuk ditemukan. Salah satunya adalah di Tangerang, anda bisa menemui penjualnya yang berkeliling menjajakan rujak . Satu porsi rujak bebeg, dijual dengan harga yang sangat terjangkau pastinya. Eits, meskipun harga rujaknya kaki lima, namun jangan heran apabila rasanya seperti makanan bintang lima. Selain di Kota Tangerangm rujak yang satu ini bisa ditemukan di Klaten, Jakarta, hingga Bogor.

Rujak Bebeg, Kuliner Khas Nusantara yang Unik dan Super Lezat @leelhaaprillia
Foto by @leelhaaprillia

Tidak hanya cara membuat yang menarik, wadah yang akan digunakan untuk penyajian rujak bebeg ini juga cukup unik. Pada umumnya penjual memakai pincuk dari daun pisang yang berukuran mungil. Sendoknya pun juga terbuat dari daun pisang yang dilipat.Setiap kali anda menyendok rujak bebg, wanginya kian nikmat karena roma daun pisang yang alami. Kendati demikian, ada juga penjual rujak yang menggunakan bungkus plastik.(@manggon_adventure)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *